. . .

Juga dikenal sebagai herpes zoster, herpes zoster adalah infeksi pada sistem saraf. Ini dimulai sebagai ruam yang menyakitkan dan dapat berkembang menjadi kondisi yang menyusahkan saat menyebar di dalam tubuh. Lepuh juga bisa terbentuk di dalam tubuh. Ini disebabkan oleh virus yang juga menyebabkan cacar air pada seseorang. Setelah virus diaktifkan kembali, itu akan muncul sebagai herpes zoster.

Herpes zoster adalah suatu kondisi yang dapat ditularkan kepada orang-orang yang belum menderita cacar air. Namun, orang yang akan tertular virus tidak akan terkena herpes zoster. Sebaliknya, mereka hanya akan mengembangkan cacar air. Jika Anda bersentuhan dengan seseorang yang herpes zoster sudah terlihat sebagai luka dengan kudis, maka Anda dapat tertular virus dan terkena cacar air. Anda hanya akan mengembangkan herpes zoster ketika virus menjadi tidak aktif dan kemudian diaktifkan kembali.

Jika Anda sudah terkena cacar air, Anda tidak perlu khawatir mendekati orang yang menderita herpes zoster, karena Anda tidak akan terkena kondisinya dengan sendirinya. Di sisi lain, jika Anda belum menderita cacar air, yang terbaik adalah mendapatkan vaksin melawan herpes zoster sehingga Anda dapat melindungi diri dari hal itu terjadi lagi di tempat suntik meningitis.

Perhatikan bahwa virus yang menyebabkan herpes zoster hanya dapat hidup pada manusia. Karena itu ia tidak akan hidup dalam barang yang disentuh oleh orang yang terinfeksi. Namun, dapat ditularkan dari orang ke orang, khususnya melalui kulit, mata, mulut dan organ genital.

Herpes zoster memiliki tahap menular. Itu bisa ditularkan selama ada lepuh, dan luka-luka ada cairan di dalamnya. Namun, pada tahap lain dari kondisi ini, agak aman untuk melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi.

Selama tahap penyakit menular, yang terbaik adalah menghindari kontak dengan orang lain. Hubungan seksual juga akan menularkan virus dari satu orang ke orang lain, sehingga disarankan untuk menggunakan kondom selama hubungan seksual. Anda juga bisa terkena infeksi ketika berenang di kolam tempat orang yang terinfeksi juga masuk.

Jika pernah Anda mengalami kondisi ini, pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter dan mencari bantuan medis. Dokter Anda akan dapat memberi Anda perawatan yang tepat. Yang terbaik adalah tinggal di tempat yang dingin dan kering. Anda juga harus menghindari sinar matahari langsung, dan harus menghindari menggaruk ruam agar tidak menyebar ke bagian kulit lainnya.